Rabu, 09 Juli 2008

sOTO bETA Wi

Menurut beberapa rekan & khususnya saya sendiri, Soto Betawi yang ter-ajib di belahan nuswantara adalah Soto Betawi Benteng, 'tul kalau disebut benteng maka alam fikir kita akan terbawa ke pantai losari sana, Benteng Makasar ataw juga yang disebut ford rotterdam.
Peramunya emang asli betawi, lahir dan turun temurun sejak zaman penjajahan, hidup anak beranak di seputar Benteng Makasar.
Uniknya, soto betawi benteng tak jarang menjadi olah-oleh untuk dibawa pulang ke betawi yang asli, .... di Jakarta sono.
Kok bisa ... ya bisa saja & tidak boleh protes, enak adalah soal taste & talenta meramu bumbu. Konon kata sahibul hikayat, beberapa anak manusia memang dianugrahi bakat khusus dalam hal satu ini. Wah nyari pembenaran nich ... biar saja & manusiawi aja khan?.
He he he ... karena saya sendiri tidak suka alias benci ama yang namanya daging, maka ex pacar saya paksa makan(tidak heran jadi mirip paman gembul ...) .... saya sendiri kemudian mencicipi kuahnya. Yakin ... 1.001% bisa membuatnya, paling nggak mirip enaknya. Ugh ... sombong !!!
Nah ... tiba di Bontang pas ada acara HUT yang sayanya ngisi jualan, tanpa ba bi bu ... salah tiga menunya adalah Soto Betawi (sok yakin).
Ajaib & ajib ... laris manis pula, abis terjual tanpa sisa dan tanpa duit, hebat khan? ... iyya emang hebat. wong misuaku khan panitia. Karena sesama panitia dilarang saling mendahului, maka nyang makan semua di gratisin. Pujian datang bertubi-tubi, entah karena enak ataw karena gratis. Kacian de ...

Salam,
Dijah

Tidak ada komentar: